Selasa, 13 Juli 2010

Bursa Transfer Pemain Sepakbola Dunia

Dalam dunia sepakbola dikenal istilah bursa transfer pemain. Bursa ini menjadikan pemain seperti "komoditas" yang diperjualbelikan oleh klub-klub sepakbola dunia. Bursa ini memungkinkan klub-klub untuk membentuk tim seperti yang mereka inginkan dengan mendatangkan pemain baru yang dianggap sesuai dengan proyek tim ke depan dan juga menjual pemain yang lama yang dianggap sudah tidak sesuai dengan proyek tim ke depan.

Dalam 1 tahun bursa pemain dibuka dua kali yaitu setiap akhir musim (sekitar bulan Juni) dan ditutup tanggal 31 Agustus dan bulan Januari (1bln penuh) yang juga sering disebut bursa musim dingin.

Berdasarkan sejarah dan fakta di lapangan, dengan kekuatan dana transfer memang lebih mudah untuk mendatangkan pemain bintang tapi itu tidak lantas akan menjamin datangnya prestasi. Contohnya Real Madrid yang tim-nya disebut Los Galacticos (galaksi) karena merupakan kumpulan para bintang-bintang sepakbola dunia tetapi minim prestasi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Kebijakan transfer pemain pada sebuah klub memegang peranan penting karena tanpa kebijakan yang tepat dapat dikatakan sebuah klub sudah kalah meskipun kompetisi belum dimulai. Untuk itu kebijakan transfer pemain yang tepat sangat dibutuhkan sebagai bagian dari membangun tim yang solid dan berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails